Cara Enteng Membuat Landing Page

Sebagai entrepreneur online, mungkin sudah tidak asing lagi bersama dengan arti “Landing Page”. Landing page adalah keliru satu langkah online marketing yang mendukung sebuah usaha untuk membuat perubahan pengunjung menjadi customer atau leads.

Lalu bagaimana langkah membuat landing page untuk bisnis? Bagaimana langkah optimalisasinya? Di artikel ini kami bakal mengkaji langkah (tutorial) membuat landing page, serta tips untuk optimalisasi landing page.

Apa Itu Landing Page?
Landing page adalah halaman web site yang didesain bersama dengan tujuan untuk menaikkan penjualan atau menghimpun leads dalam sebuah bisnis. Misalnya landing page untuk penawaran produk atau jasa, download aplikasi atau e-book, ataupun landing page untuk mengajak audiens isi sebuah halaman formulir member.

Sumber: Google Image

Melalui landing page, audiens bakal lebih enteng jelas apa yang kamu tawarkan, mendukung usaha kamu beroleh customer yang lebih spesifik, dan mempermudah mereka melaksanakan suatu aksi (tindakan) yang sesuai bersama dengan tujuan marketing kamu.

Landing page bisa dibikin pada web site itu sendiri atau dibikin terpisah berasal dari website. Berikut perumpamaan landing page yang terdapat dalam sebuah website.

Setelah menyaksikan dua perumpamaan diatas muncul pertanyaan, apa beda landing page bersama dengan homepage dalam sebuah website? Bukannya homepage juga memberikan gambaran tentang isi berasal dari sebuah website? Baca penjelasannya pada anggota berikut.

Perbedaan Landing Page dan Homepage
Homepage (halaman depan) adalah halaman web site yang dicermati pertama kali oleh audiens kala mengetikkan nama domain web site kamu (misalnya: aus.co.id) di mesin pencarian (Google).

Sedangkan landing page adalah keliru satu halaman yang terdapat pada sebuah web site atau halaman web site yang berdiri sendiri yang menjadi halaman pertama yang dituju pengunjung berasal dari pihak ketiga (iklan PPC, fasilitas sosial, email marketing, dan lain-lain).

Homepage didesain untuk pengunjung agar bisa jelas usaha kamu secara keseluruhan. Berbeda bersama dengan landing page yang didesain untuk membuahkan conversion.

Tips Membuat Landing Page
Sebelum membuat landing page, kamu juga perlu perhatikan sebagian tips untuk membuahkan landing page yang optimal. Ada 7 tips membuat landing page.

  • Tentukan tujuan landing page yang jelas.
  • Buat konsep landing page.
  • Buat headline yang singkat, padat dan jelas.
  • Buat kata-kata pembuka yang menarik.
  • Berikan gambaran yang jelas pada tiap tiap poin yang terdapat pada landing page.
  • Buat CTA yang menarik.
  • Masukan testimonial.

Mungkin sekarang kamubingung, bagaimana langkah membuat konsep landing page, apa itu CTA? atau bagaimana langkah membuat headline yang bagus? 7 tips diatas pernah kami bahas pada artikel di awalnya tentang 7 tips membuat landing page.

Cara Mudah Membuat Landing Page di WordPress
WordPress menyediakan plugin yang terlalu mungkin kamu untuk membuat, mengedit, dan melaksanakan kustomisasi tata letak halaman web site tanpa coding. Tinggal memakai elemen-elemen yang diperlukan, seumpama baris, kolom, gambar, sampai posisi postingan sesuai bersama dengan kebutuhan desain.

Bukan hanya itu, plugin ini juga bisa digunakan secara gratis. Nama plugin nya yaitu Beaver Builder. Ikuti tutorial berikut untuk melakukannya.

  1. Install Plugin Beaver Builder
    Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk membuat landing page yaitu menginstall plugin beaver builder, ikuti langkah-langkah berikut.

A. Login ke dashboard WordPress web site kamu.

B. Pilih menu “Plugin” dan klik “Add New”.

C. Masukkan “Beaver Builder” pada kolom pencarian, dan klik tombol “Install Now” untuk menginstall plugin.

D. Klik tombol “Activate” untuk mengaktifkan plugin.

E. Pilih menu “Setting” pada dashboard WordPress dan klik “Beaver Builder”.

  1. Buat Desain Landing Page
    Setelah melaksanakan menginstall plugin, setelah itu kamu perlu membuat desain landing page yang sesuai bersama dengan kebutuhan usaha kamu.

A. Buat page baru untuk landing page kamu.

B. Pilih template yang bakal kamu gunakan.

C. Klik tab Beaver Builder pada anggota atas post editor.

D. Gunakan fitur yang disajikan oleh Beaver Builder, plugin ini menyediakan 3 menu utama:

  1. Modules
    Menu yang digunakan untuk memberikan sebagian elemen pada landing page kamu, layaknya Audio, Heading, Video, Text Editor, Button, dan lain-lain.
  1. Rows
    Menu yang digunakan untuk mengatur kolom.
  1. Template
    Beaver Builder juga menyediakan sebagian template yang bisa kamu gunakan, ada yang ada secara gratis ada juga yang berbayar.

Tinggal memakai keliru satu fitur yang kamu butuhkan, baik pada menu modules, rows, atau template.

  1. Tambahkan CTA
    CTA (Call to Action) adalah tombol yang berisi instruksi untuk mengajak pengunjung web site melaksanakan aksi tertentu, seumpama melaksanakan pembelian, atau memberikan pilihan jawaban layaknya “ya dan tidak”.

Kombinasi CTA dan landing page membuahkan conversion rate yang tinggi, tapi kamu juga perlu membuat CTA yang menarik, perhatikan tips berikut:

  • Gunakan kata-kata perintah.
  • Buat kata-kata sederhana, jelas, dan enteng dimengerti.
  • Perhatikan ukuran dan warna tombol CTA.
  • Sesuaikan bersama dengan tujuan landing page dan kuantitas konten yang membuat sebelum diberi CTA.

Nah itulah keliru satu langkah membuat landing page yang cepat dan mudah, kecuali kamu seorang entrepreneur dan berencana untuk membuat landing page, jangan lupa untuk perhatikan 7 tips membuat landing page sebelum membuatnya.

Jika kamu butuh dukungan membuat landing page, Whello menyediakan beli landing page yang bisa mendukung kamu membuat landing page sesuai bersama dengan kebutuhan dan tujuan usaha kamu. Tinggal hubungi kontak Whello dan melaksanakan konsultasi secara gratis lebih-lebih dahulu!

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.